Selasa, 11 Oktober 2011

Dipasung sunyi

malam ini duka

rembulan mengasingkan diri dari ratapan malam



kecewa,



cahayanya yang kala itu purnama

dibalas dengan lolongan Serigala



Jadi tak perlu kau bawa tangismu

yang air matanya dusta

Aku bukan Pangeranmu..!



Sinkirkan ratapan

yang isinya kebohongan itu

jauh dari telingaku



Aku muak...

Aku benci ini..!!!



Wajahmu yang rupawan

menjadikanmu elok dan menaw...

suara alam

perlahan sangat pelan hingga terang kan menjelang
cahaya kota kelam mesra menyambut sang petang
di sini ku berdiskusi dengan alam yg lirih
kenapa matahari terbit menghangatkan bumi

aku orang malam yg membicarakan terang
aku orang tenang yg menentang kemenangan oleh pedang

perlahan sangat pelan hingga terang kan menjelang
cahaya nyali besar mencuat runtuhkan bahaya
di sini ku berdiskusi dengan alam yg lirih
kenapa indah pelangi tak berujung sampai di bumi

aku orang malam yg membicarakan terang
aku orang tenang yg menentang kemenangan oleh pedang

cahaya bulan menusukku dengan ribuan pertanyaan
yg takkan pernah aku tau dimana jawaban itu
bagai letusan berapi bangunkan dari mimpi
sudah waktunya berdiri mencari jawaban kegelisahan hati

terangi dengan cinta di gelapku
ketakutan melumpukanku
terangi dengan cinta di sesatku
dimana jawaban itu

untukmu yang memberi kehidupan

ku terpaku di pelantaran malam ,mendengar kisahmu
begitu pilu,hingga aku pun malu menyadari kelalaianku

tak pernah tebayangkan betapa harunya hidupmu
yang kau lalui perjalanan yang penuh debu

kau telah mengerti hidup..
tentang kepahitan dan hasrat yang tak pernah cukup
kau telah mengerti bentuk kepahitan di tengah keterpurukan
dan kau bertahan

aku belajar darimu
tentang perjuangan dalam menggapai kehidupan

ini memang tak mudah
merubah kerikil menjadi batuan penuh warna

namun ku yakin kau tak akan pernah menyerah
melawan tangis yang berhimpitan dengan rasa lelah

ku yakin kau akan lalui semua
karna kau masih punya cinta

tetaplah bertahan
kerasnya hidup pasti bisa di taklukkan

kau harus bertahan
masa depan menantimu dengan penuh keindahan..

Senin, 10 Oktober 2011

sistem informasi akutansi

1. Tinjauan Menyeluruh : Sistem Informasi Akuntansi :

a. Apa itu SIA?

Sistem informasi akuntansi (SIA) :1. Wilkinson (1991)
Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu kerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

2. Gelinas, Orams, dan Wiggins (1997)
Mendefinisikan sistem informasi akuntansi (SIA) sebagai subsistem khusus dari sistem informasi manajemen yang tujuannya adalah menghimpun, memproses dan melaporkan informsi yang berkaitan dengan transaksi keuangan

b. Mengapa mempelajari SIA?

fugsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :
1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
2. Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
3. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi

c. Peran SIA dalan rantai nilai (value chain)



Pada umumnya organisasi bertujuan menyediakan nilai untuk pelanggan. Hal tersebut membutuhkan pelaksanaan berbagai kegiatan yang berbeda-beda, dan dapat dikonseptualisasikan dalam bentuk rantai nilai (value chain).
Rantai nilai organisasi terdiri dari lima aktivitas utama (primary activities) yang secara langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya, yaitu:
1. Inbound logistics
terdiri dari penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
2. Operasi (operations)
adalah aktivitas-aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah jadi.
3. Outbond logistics
adalah aktivitas-aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan.
4. Pemasaran dan penjualan
mengarah pada aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan membantu para pelanggan untuk membeli jasa atau produk yang dihasilkan organisasi.
5. Pelayanan (service)
memberikan dukungan pelayanan purna jual kepada para pelanggan.
Organisasi juga melaksanakan berbagai aktivitas pendukung (support activities) yang memungkinkan kelima aktivitas utama tersebut dilaksanakan secara efisien dan efektif. Aktivitas-aktivitas pendukung tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu:
1. Infrastruktur perusahaan mengarah pada aktivitas-aktivitas akuntansi, keuangan, hukum, dan administrasi umum yang penting bagi sebuah organisasi untuk beroperasi. SIA adalah bagian dari infrastruktur perusahaan.
2. Sumber daya manusia melibatkan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan perekrutan, pengontrakan, pelatihan, dan pemberian kompensasi dan keuntungan bagi pegawai.
3. Teknologi merupakan aktivitas yang meningkatkan produk atau jasa. Contoh: penelitian dan pengembangan, investasi dalam teknologi informasi yang baru, pengembangan Website, dan desain produk.
4. Pembelian (purchasing) termasuk seluruh aktivitas yang melibatkan perolehan bahan mentah, suplai, mesin, dan bangunan yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas utama.

SIA dan STRATEGI KORPORAT

• Strategi dan Posisi Strategis
Ada 2 strategi dasar bisnis yang dapat diikuti oleh perusahaan, berdasarkan argumentasi seorang professor bisnis di Harvard, Michael Porter. yaitu :
1. Strategi diferensiasi produk memerlukan penambahan beberapa fitur atau pelayanan atas produk Anda yang tidak diberikan oleh para pesaing. Dengan melakukan hal ini, perusahaan akan dapat menetapkan harga premium ke para pelanggannya.
2. Strategi biaya rendah (low-cost) memerlukan perjuangan untuk menjadi penghasil suatu produk atau jasa yang paling efisien.
Kadang-kadang, sebuah perusahaan dapat berhasil baik dalam menghasilkan produk yang lebih baik dari para pesaingnya dengan biaya yang lebih rendah dari biaya rata-rata untuk industri tersebut. Akan tetapi, biasanya perusahaan harus memilih di antara kedua strategi tersebut. Apabila mereka berkonsentrasi untuk menjadi penghasil produk yang biayanya paling rendah, mereka harus melepas beberapa keistimewaan penambah nilai yang mungkin membedakan produk mereka dengan produk lainnya. Apabila mereka berfokus pada diferensiasi produk, mereka tampaknya tidak akan memiliki biaya yang paling rendah dalam industri mereka. Jadi, strategi bisnis melibatkan pemilihan.
Porter menggambarkan 3 posisi strategi dasar, yaitu :
1. Posisi strategis berdasar keanekaragaman (variety-based) melibatkan produksi atau penyediaan sebagian dari produk atau jasa dalam industri tertentu. Contoh: Jiffy Lube International adalah perusahaan yang mengadopsi posisi strategis berdasar keanekaragaman, dimana perusahaan tersebut tidak menyediakan jasa perbaikan mobil yang beranekaragam, tetapi mereka berfokus pada jasa ganti oli dan pelumas.
2. Posisi strategis berdasar kebutuhan (needs-based) melibatkan usaha untuk melayani hampir seluruh kebutuhan dari kelompok pelanggan tertentu. Termasuk didalamnya adalah mengidentifikasi target pasar. Sebagai contoh : sebuah perusahaan yang memfokuskan pada para pensiunan.
3. Posisi strategis berdasar akses (access-based) melibatkan sebagian pelanggan yang berbeda dari pelanggan lainnya dalam hal faktor-faktor seperti lokasi geografis atau ukuran. Hal ini menimbulkan perbedaan kebutuhan dalam melayani para pelanggan tersebut. Contoh : Perusahaan Edward Jones mengadopsi posisi strategis berdasar akses, dimana kantor pialang sahamnya sebagan besar terletak di kota-kota kecil yang tidak dilayani oleh kantor pialang lainnya yang lebih besar.
Memilih sebuah posisi strategis adalah hal yang penting karena hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan usaha-usahanya atau akibatnya perusahaan berisiko mencoba menjadi segalanya untuk semua orang.
• Teknologi Informasi dan Strategi Bisnis
Perkembangan teknologi informasi dapat mempengaruhi strategi. Perkembangan internet sangat mempengaruhi cara berbagai tahapan rantai nilai dilaksanakan. Contoh : untuk produk-produk yang dapat diubah menjadi data digital, internet memungkinkan organisasi untuk secara signifikan mempersingkat aktivitas inbound dan outbond logistics mereka.
Selain secara langsung mempengaruhi cara-cara organisasi menjalankan aktivitas-aktivitas rantai nilai mereka, internet juga dapat secara signifikan mempengaruhi baik strategi dan posisi strategis. Contoh: internet secara dramatis dapat mengurangi biaya, dan karenanya membantu perusahaan mengimplementasikan strategi biaya rendah (low-cost strategy). Akan tetapi, jika setiap perusahaan dalam industri tertentu mempergunakan internet untuk mengadopsi strategi biaya rendah, maka pengaruhnya akan problematis. Bahkan, salah satu hasil yang mungkin terjadi adalah persaingan harga yang ketat antar-perusahaan. Apabila hal ini terjadi, hasil dari penghematan biaya yang diberikan oleh internet akan diperoleh para pelanggan, bukan dikuasai oleh perusahaan dalam bentuk laba tinggi. Lebih jauh lagi, karena setiap perusahaan dapat mempergunakan internet untuk mempersingkat aktivitas-aktivitas rantai nilainya, sepertinya tidak mungkin perusahaan dapat menggunakan internet untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan jika dihadapkan dengan para pesaingnya. Oleh karena itu, begitu sebagian besar perusahaan dalam suatu industri mulai mengintegrasikan secara penuh internet ke dalam rantai nilai mereka, pengaruhnya mungkin adalah mendorong perusahaan untuk bergeser dari mengikuti strategi biaya rendah, ke semacam bentuk strategi diferensiasi produk.
Internet juga dapat mempengaruhi keinginan relatif untuk mengikuti ketiga posisi strategis yang digambarkan sebelumnya. Sebagai contoh, dengan secara drastis mengurangi atau menghilangkan halangan geografis, internet membuat produk suatu perusahaan tersedia di hampir semua tempat. Konsekuensinya adalah merupakan hal yang sulit untuk membuat atau mempertahankan posisi strategis berdasar akses. Ini hanyalah suatu contoh tentang bagaimana cara internet dapat mempengaruhi strategi dan pilihan posisi strategis perusahaan.
• Peran SIA
SIA suatu organisasi memainkan peranan penting dalam membantu organisasi mengadopsi dan mempertahankan posisi strategis. Mencapai kesesuaian yang baik antar aktivitas membutuhkan pengumpulan data tiap aktivitas. Hal lain yang juga penting adalah sistem informasi harus mengumpulkan dan mengintegrasikan baik data keuangan maupun non-keuangan dari aktivitas-aktivitas organisasi.
http://recca-super.blogspot.com/2008/11/peran-sia-dalam-rantai-nilai.html
SUMBER :
http://fhanincredible.wordpress.com/2010/10/09/tinjauan-menyeluruh-sia/

curhat diikit...heee

Peri Cintaku

di dalam hati ini hanya satu nama

yang ada di tulus hati ku ingini

kesetiaan yang indah takkan tertandingi

hanyalah dirimu satu peri cintaku

benteng begitu tinggi sulit untuk ku gapai

huuuuuu



aku untuk kamu, kamu untuk aku

namun semua apa mungkin iman kita yang berbeda

tuhan memang satu, kita yang tak sama

haruskah aku lantas pergi meski cinta takkan bisa pergi



benteng begitu tinggi sulit untuk ku gapai

huuuuuu



aku untuk kamu, kamu untuk aku

namun semua apa mungkin iman kita yang berbeda

tuhan memang satu, kita yang tak sama

haruskah aku lantas pergi meski cinta takkan bisa pergi



bukankah cinta anugerah berikan aku kesempatan

tuk menjaganya sepenuh jiwa oooh

Jangan bersedih

Jangan bersedih
oleh Saia Putri Wulandari pada 04 September 2009 jam 8:55

Saat kau merasa tak kuat lagi menanggung beban d pundakmu. . .

Ingatlah bahwa Allah akan senantiasa meringankan beban orang-orang yang bersabar,

saat kau merasa lelah dengan dunia dan hidupmu hingga kau merasa pantas untuk mengeluh. . . .

Ingatlah bahwa Allah membenci orang yang mengeluh,

saat kau merasa berpaling dari-Nya adalah jawaban semua perasaanmu. . . .

Ingatlah bahwa Allah tak pernah berpaling dari hamba-Nya yang setia,

saat kau merasa diam dan meninggalkan dunia ini adalah yang terbaik. . . .

Ingatlah bahwa Allah sangat membenci orang-orang yang berputus asa dalam hidupnya. . . .

Untuk saudara dan saudari q yang merasa dunia ini gelap. . . .

Ingatlah nikmat yang di berikan oleh Rabb-mu, . . . .

Q yakin akan ada jawaban dan jalan keluar dari semua masalah hidup kita. . .

cita-cita

Tatkala q masih muda serta bebas & imajinasi q mengembara tanpa batas, , q bercita-cita untuk mengubah dunia. .

Tatkala q semakin tua & bijaksana, , q menyadari bahwa dunia taq kan berubah, , & q agak memendekan sasaran q serta memutuskan untuk mengubah negri q saja. .

Namun ini pun tampaknya taq dapat di ubah, ,

tatkala q kian jauh mengarungi masa tua q, , dalam suatu upaya yang nekat, , q berniat keras untuk mengubah keluarga q saja, , mereka memiliki hubungan terdekat dengan q, ,

namun aduh, , mereka taq berbeda. .

& kni tatkala q terbaring di ranjang kematian q, , q menyadari, ,

"Andai dulu q pertama kali mengubah diri q sendiri saja", ,

melalui teladan barang kali q berhasil mengubah keluarga q. .

Dari inspirasi & dorongan mereka, . . q seharusnya mampu memperbaiki negri q &, . .

siapa tau q mungkin bahkan mampu mengubah dunia q. . . .

Cinta ku pada-NYA

Cintaku pada-Nya
oleh Saia Putri Wulandari pada 30 Agustus 2009 jam 12:25

Walau malam telah datang menggantikan siang. . .

Walau terang telah terselimut gelap. . . .

Namun percayalah Rabb. . . .hanya cinta dan sayang hamba-hamba kasih-Mu di dunia ini yang taq pernah terganti. . . .

Hanyalah cinta kami yang dapat merobek selimut kegelapan hati. . . .

Hati ini tak akan ku jauhkan dariMU, walaupun terkadang ku DUakancinta ku padamu...
akupun yakin hanyalah cintaMU yang kekal selamanya..

Aroma Mimpi

Aroma yg stiap pagi ku rasakan ini,slalu berhasil membunuh sendi" jiwaku..
Aroma ini slalu mendapat tempat tertinggi d hatiku..
Aroma ini slalu dapat membawaku jauh mengarungi alam mimpiku..
Aroma darinya slalu membuatku melayang k tempat yg sama skali asing untuk ku..
Walau begitu banyak kenyataan yg kau sodorkan d depanku..
Wangimu selalu membawaku k tempat terindah yg tak ku kenal..
Tak pernah ku rasakan sebuah keharuman yg begitu dalam menancap jiwa..
Kan ku petik aroma indah kesturi surga duniamu..

Cinta

Cinta adalah fitrah kita sebagai manusia..

Namun kapankah cinta itu dapat dikatakan sebagai fitrah?

Ternyata tak semua cinta dapat dikatakan sebagai sebuah fitrah..

Cinta yg dikatakan sebuah fitrah adalah ketika seorang hamba meletakkan Rabb-nya pada posisi cinta tertinggi..

Dan ketika kita mencintai seorang makhluk hanya karena Allah..

Tetapi cinta akan menjadi sebuah fitnah bahkan laknat,ketika ia di ekspresikan dengan cara yg salah..

Dan saat itulah seorang hamba tak dapat melihat cinta lain yg sejati..

Dan bahwa sesungguhnya hanya Allah yg dapat memberi cinta sejati..

Wahai saudara-saudariku yg sedang di butakan oleh cinta yg fana,sadarlah bahwa Rabb kita amatlah pencemburu..

Cinta fana yg selama ini kita kenal hanya akan membawa kenikmatan sesaat dan berujung kehancuran..

Mulailah kita belajar mencintai dari awal lagi,dengan selalu meninggikan Dia di hati kita.

PENGANTAR E-BUSINESS


E-business
dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Dalam penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan elektronik atau e-commerce) saja. Dalam hal ini, e-dagang lebih merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet (e-pemasaran). Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet.

E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.



Model-Model E-Business


* B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
* B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)

Pengaruh-pengaruh E-Business atas proses Bisnis

* Electronic Data Interchange (EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis.
* EDI:

– Meningkatkan tingkat akurasi

– Mengurangi biaya

Faktor-faktor keberhasilan E-Business


* Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.
* Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
* Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :

- Validitas, Integritas, dan Privasi


INFRASTRUKTUR untuk E-BUSINESS


Kemajuan teknologi komunikasi dan jaringan, terutama internet, menyediakan inrastruktur yang dibutuhkan untuk e-business. Bagian ini memberikan pengantar atas gambaran umum konsep jaringan dan mendiskusikan isu-isu strategis yang berkaitan dengan metode-metode alternatif yang dapat dipergunakan organisasi dalam mengimplementasikan e-business.
Jenis-jenis Jaringan

Jaringan telekomunikasi dibanyak perusahaan dipergunakan untuk melakukan e-commers dan mengelola operasi internal yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
1. Local Area Network (LAN)
2. Wide Area Network (WAN)
3. Value-added Network dan
4. Internet
Software Komunikasi

Software komunikasi mengelola aliran data melalui suatu jaringan. Software komunikasi didesain untuk bekerja dengan berbagai jenis peraturan dan prosedur untuk pertukaran data.

Software ini melaksanakan fungsi-fungsi sebagai berikut:

1. Pengendalian akses

Software ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antar-berbagai peralatan; secara otomatis memutar dan menjawab telepon; membatasi akses hanya pada para pemakai yang berwenang; serta membuat parameter seperti: kecepatan, mode, dan arah pengiriman.

2. Pengelolaan jaringan

Pada software ini berfungsi untuk mengumpulkan data untuk memeriksa kesiapan peralatan jaringan untuk mengirim atau menerima data; membuat aturan antri untuk masukan dan keluaran; menetapkan prioritas dalam sistem,mengirimkan pesan; dan mencatat aktivita, penggunaan, dan kesalahan dalam jaringan.

3. Pengiriman data dan file

Software ini berfungsi untuk mengontrol pengiriman data, file dan pesan-pesan diantara berbagai peralatan.

4. Pendeteksi dan pengendalian atas kesalahan

Software ini berfungsi untuk memastikan bahwa data yang dikirim benar-benar merupakan data yang diterima.

5. Keamanan data

Software ini berfungsi untuk melindungi data selama pengiriman dari akses pihak yang tidak berwenang.

Pengorbanan sang AYAH

Saat matahari belum tersenyum,kau sudah mendahuluinya dengan tersenyum dalam gelap pagi..
Saat matahari tengah beranjak tidur,tak kau temani dia pergi ke peraduannya..
Ketika hujan turun,tak gentar semangatmu untuk terus menyusuri rute itu setiap hari..
Bahkan saat panas matahari menyengat tubuh,tak luntur tanggung jawabmu..
Semua rela kau lakukan demi mereka keluargamu..
Hanya untuk sesuap nasi,kau korbankan ribuan tetes peluh perjuangan..
Walau kau tak tau apa yg mereka pikirkan di sana saat mengingat tenggat waktu perjuanganmu..
Untuk seluruh ayah di dunia..
Terimalah kasih dalam tangis anak kecil ini..
Meski tak dapat ku ungkapkan..itu tak menggugurkan cintaku padamu..
Perjuanganmu menempuh derita hidup..tak akan hilang tanpa bekas di hatiku..
Apapun yg mereka katakan tentang kau..
Namun aku percaya kau berjuang untuk masa depanku..

Untuk semua ayah yg tak terbalas jasanya di dunia..